Energipos.com/Energisiana/Sosok

shadow

Sri Wahyuni ‘Ratu Biogas’, Nyuci Mobil Dekan Malah Dapat Beasiswa

ENERGIPOS.COM, Bogor-Ada sekitar 200 karyawan yang bekerja di PT SWEN Inovasi Tranfer menjadi tanggungjawab Sri Wachyuni. Mereka membantu Sri menggerakan roda bisnis biogas. Kini, hampir dua pertiga provinsi sudah memasang alat biogas ciptaan Sri.

Di Indonesia, PT SWEN merupakan produsen peralatan biogas terbesar. Berbagai penghargaan telah diterima. Banyak kalangan yang belajar biogas ke pabriknya di Ciomas, Bogor. Tak berlebihan jika Sri Wachyuni berpredikat ‘Ratu Biogas’.

Namun jalan mencapai keberhasilan bukan seperti membalik tangan. Sri Wachyuni menapaki dengan peluh keringat perjuangan. Menjadi perantauan saat mahasiswi, Sri rela bekerja di laboratorium, memberikan makanan sapi, mengamen hingga mencuci mobil untuk menyambung hidup.

“Saya pernah bekerja memberikan makanan sapi setiap hari yang menjadi penelitian bu Prapti, dosen sekaligus orang tua angkat saya,” ujar Sri Wachyuni mengenang saat menjadi mahasiswi Jurusan Pengolahan Hasil Peternakan di IPB.

Di kandang sapi itu pula, ada karyawan yang mendapat tugas dari Dekan menyuci mobil. Entah iba atau memang ingin membantu, pekerjaan menyuci mobil itu diberikan ke Sri. Namun honor tidak diterima langsung oleh Sri melainkan tetap melalui karyawan tersebut.

“Nah, entah gimana awal mulanya saat saya sedang nyuci mobil tiba-tiba pak Dekan datang he he he,” ujar Sri. Namun, pak Dekan malah justru memberikan beasiswa kepada Sri. Beasiswa yang dia terima sangat meringankan biaya hidup dari beban orang tuanya di pulau Buru.(ris/bersambung)

Baca Juga